Kuliah Daring Terbuka

Pembelajaran Daring Terbuka Terpadu Universitas Brawijaya (PDTT UB) mencakup beberapa hal, sebagai berikut:

Materi Daring Terbuka

Materi Daring Terbuka adalah karya tulis ilmiah (dalam bentuk paper, video, buku, dll) yang merupakan karya original pengunggah dan dapat dijadikan sebagai bahan pengayaan wawasan dan pengetahuan para pengguna PDTT UB.

Kuliah Daring Terbuka

Kuliah Daring Terbuka adalah materi yang diberikan dalam satu perkuliahan penuh selama satu semester pembelajaran.

Kuliah Daring UB

Kuliah Daring UB adalah perkuliahan yang diselenggarakan secara online oleh dosen-dosen UB dan diperuntukkan bagi mahasiswa UB.

Kuliah Daring Terbuka

Materi Kuliah Online adalah materi yang diberikan dalam satu perkuliahan penuh selama satu semester pembelajaran. Materi Kuliah Online ini hanya boleh diberikan oleh Dosen di lingkungan Universitas Brawijaya, dan bisa diakses terbuka oleh siapa saja. Materi tersebut dapat digunakan sebagai pengkayaan materi dalam penyelenggaraan belajar mengajar. Mahasiswa atau siapapun yang mengakses materi kuliah online ini tidak akan menerima kredit/sertifikat sebagaimana dalam sebuah perkuliahan. Dosen yang ingin mempublikasikan materi kuliah online secara terbuka dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Mendaftar di admin pdtt ub.
  2. Menyerahkan materi kuliah dalam segala bentuk file (word, pdf, ppt, video, dll).
  3. Menyusun materi kuliah dalam sub laman Materi Kuliah Online di PDTT UB.
Bahasa Indonesia Mar 09, 2018 04:43
Sejarah Bahasa Indonesia

Tujuan Instruksional Khusus
Setelah menyelesaikan sub-pokok bahasan ini, mahasiswa dharapkan mampu:

  1. Menguasai secara teoretis sejarah bahasa Indonesia dan perkembangannya;
  2. Mampu memanfaatkan pemahaman mengenai materi sejarah bahasa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran berperilaku dalam berbahasa Indonesia

Pengantar

Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Begitu salah satu pesan Sukarno kepada masyarakat Indonesia. Pesan itu menyiratkan pentingnya sejarah bagi seseorang, bagi sebuah negara.
Dalam sejarah, ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil Suhartono, seorang dosen sejarah, pernah berpesan kepada para mahasiswa bahwa sejarah akan berulang dengan pola yang sama meskipun bentuknya
berbeda. Bila demikian, dengan mempelajari sejarah artinya akan ada banyak keburukan di masa lalu yang bisa kita hindari.
Sebaliknya, akan ada banyak kebaikan dalam sejarah yang bisa diulang atau bahkan ditingkatkan. Demikian halnya dengan bahasa, Mengetahui sejarah bahasa akan membantu seseorang mengetahui akar kebudayaannya.

421 Views 0 Comments

Dosen Pengampu
Penulis